Nikotin


Nikotina adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan, terutama suku terung-terungan (Solanaceae) seperti tembakau dan tomat. Nikotina berkadar 0,3 sampai 5,0% dari berat kering tembakau berasal dari hasil biosintesis di akar dan terakumulasi di daun.

Nikotina merupakan racun saraf yang potensial dan digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah, zat ini dapat menimbulkan kecanduan, khususnya pada rokok. Nikotina memiliki daya karsinogenik terbatas yang menjadi penghambat kemampuan tubuh untuk melawan sel-sel kanker, akan tetapi nikotina tidak menyebabkan perkembangan sel-sel sehat menjadi sel-sel kanker.

Nikotin dalam tubuh dapat dinetralisir. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah pisang. menurut riset, pisang banyak mengadung sari vitamin-vitamin yang mampu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang terkandung nikotin. Terlebih lagi bagi yg sudah ingin berhenti merokok dan mau menghilangkan kandungan atau sisa-sisa nikotin yang ada. Dianjurkan memakan buah pisang sehari cukup satu. 

4 komentar:

Ima Nurisa mengatakan...

senyawa apa yang terdapat dalam buah pisang yang dapat menetralisir kandungan nikotin dalam tubuh dan bagaimana cara kerjanya ?
apakah ada tumbuhan lain yang dapat menetralisir nikotin ?

Rizki Amallia mengatakan...

Pada beberapa penelitian terakhir menemukan sebuah terapi herbal yang dapat mengurangi efek negatif nikotin, yaitu buah pisang. Dalam buah berkulit kuning ini terkandung zat-zat yang berguna bagi tubuh, diantaranya kalium, potasium, vitamin B6, B12.
Kalium dimanfaatkan oleh saraf otonom untuk mengontrol frekuensi denyut jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya. Potasium juga terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, zat ini juga berperan utama dalam fungsi deyut syaraf dan kontraksi otot. Selain keunggulan potasium, vitamin B6 dan B12 dalam pisang juga mempunyai peranan yang sangat besar karena mampu menetralisir efek negatif nikotin dalam tubuh.
buah seperti , kiwi, anggur, stroberri, peac, dan pome, semua itu banyak mengandung antioksidan

fitria mengatakan...

pisang mengandung tryptophan, yaitu sejenis protein yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh untuk memberi rasa rileks dan memperbaiki mood
pisang sangat kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. dan seluruh kandungan mineral tersebut 100 % bisa di serap tubuh. kadar zat besi pada setiap 100 gr pisang mencapai 2 mg, tentu saja hal ini lebih baik dari nilai zat besi pada apel yang hanya mencapai 0,2 mg.
pisang juga merupakan sumber vitamin yang sangat tinggi, pisang kaya akan provitamin A [45 mg / 100 gr], vitamin C, vitamin B, vitamin, B12, dan vitamin B6, yang terkandung pada buah pisang mampu membantu tubuh untuk cepat sembuh dari efek racun nikotin. hal ini juga bisa membantu bagi anda yang mencoba berhenti dari kebiasaan merokok.


AKAR SRIGUNGGU

gbr akar srigunggu :
http://bukahalaman.blogspot.com/2012/06/langkah-untuk-menghilangkan-nikotin.html

Ciri tumbuhan :
~Tumbuhan sirgunggu berupa perdu yang tingginya 3 m.
~Daunnya bertangkai pendek, berbentuk bulat telur sampai memanjang, tebal dan kaku.
~Tepi daun beringgit.
~Bunganya berwarna putih-violet tersusun dalam malai.
~Buah yang berwarna hijau kehitaman berupa buah batu berbentuk bulat telur.

Biasanya akar ini juga digunakan untuk gurah,agar suaranya bagus..
Cara mengolahnya : kulit akar ditumbuk dan diseduh dengan air, kemudian diteteskan pada hidung guna mengobati berbagai penyakit yang berkaitan dengan lendir, seperti asma, batuk, atau untuk memperoleh suara yang jernih. Efeknya berupa pengeluaran lendir dari hidung dan mulut.

Manfaat lainnya seperti daunnya bermanfaat untuk menyegarkan kondisi wanita yang sedang nifas. Sebagai obat luar, daun ditumbuk dengan adas pulosari untuk encok dan nyeri atau kelelahan pada sendi. Daun mudanya diremas-remas dan ditambah sedikit kapur menjadi obat gosok. Seduhan daun dengan garam serta temulawak dapat diminum untuk perut yang membusung dan sebagai obat cacing. Infus daun tumbuhan ini sudah diteliti secara in vitro mampu menghancurkan batu ginjal.Penelitian di National Cancer Institut, Washington menyatakan, ekstrak air tumbuhan ini aktif sebagai anti-HIV in vitro.

Kandungan KIMIA akar Srigunggu :
Kandungan kimia tumbuhan sirgunggu pada bagian-bagian tubuhnya berbeda-beda. Daunnya mengandung unsur kalium, sedikit natrium, alkaloid, dan flavonoid flavon. Pada kulit akarnya terdapat glikosida fenol, manitol, dan sitosterol. Sementara kulit batangnya mengandung senyawa triterpen, asam ureanulat, asam kueretaruat, dan asam seratogenat.

liseum mengatakan...

Yang butuh bibit pohon sirgunggu bisa hubungi kami di 082136712513 atau chasiapro@Gmail.com @Trims PRabowo JOgja

Posting Komentar